Minggu, 15 Maret 2015

Sistem Informasi Manajemen, Raymond McLeod Jr. dan George P. Schell


Bab 2
Sistem Informasi untuk Keunggulan Kompetitif

Tujuan Pembelajaran
Tahu model sistem umum perusahaan.
Memahami model lingkungan delapan elemen sebagai kerangka untuk memahami lingkungan    organisasi bisnis.
Memahami bahwa manajemen rantai pasokan melibatkan perencanaan dan koordinasi sumber daya fisik yang mengalir dari pemasok perusahaan, melalui perusahaan, dan pelanggan perusahaan.
Mengakui bahwa keunggulan kompetitif dapat dicapai dengan virtual serta sumber daya fisik
Memahami konsep Michael E. Porter rantai nilai dan sistem nilai.
Tahu dimensi keunggulan kompetitif.
Kenali tantangan meningkat dari pesaing global dan pentingnya informasi dan koordinasi dalam memenuhi tantangan tersebut.
Memahami tantangan pengembangan sistem informasi global.
Mengetahui jenis dasar sumber daya informasi yang tersedia bagi perusahaan.
Tahu dimensi informasi yang harus disediakan oleh sistem informasi.
Tahu bagaimana mengelola pengetahuan dalam bentuk sistem warisan, gambar, dan pengetahuan.
Memahami bagaimana suatu perusahaan pergi tentang perencanaan strategis - untuk perusahaan, bidang usaha, dan sumber daya informasinya.





Gambar 2.1 Sistem Umum Model Firm

Sistem Umum Model Firm:
·         Aliran sumber daya fisik  meliputi personel, material, mesin, dan uang.
·         Aliran sumber daya virtual mencakup data, informasi, dan informasi dalam bentuk keputusan.
·         Mekanisme Firm control termasuk :
1.       Standar kinerja untuk memenuhi jika perusahaan ingin mencapai tujuan secara keseluruhan.
2.       Manajemen perusahaan.
3.       Pengolah informasi yang mengubah data menjadi informasi.
·         Masukan lingkaran terdiri dari sumber daya virtual.
·         Elemen Lingkungan  adalah organisasi dan individu yang ada di luar perusahaan dan memiliki pengaruh langsung atau tidak langsung di atasnya.
o   Seperti pemasok, pelanggan, serikat buruh, masyarakat keuangan, pemegang saham dan pemilik, pesaing, dan pemerintah.
Komunitas global  adalah wilayah geografis di mana perusahaan melakukan operasinya

Gambar 2.2 Delapan Elemen Lingkungan:
 

Arus Sumberdaya Lingkungan :
   Informasi mengalir dari pelanggan. Sering.
   Aliran Material kepada pelanggan. Sering.
    Uang mengalir ke pemegang saham. Sering.
   Bahan baku mengalir dari pemasok. Sering.
   Uang mengalir dari pemerintah. Kurang sering.
   Aliran Material  kepada pemasok. Kurang sering.
    Personil mengalir ke pesaing. Kurang sering.
Mengelola Sumber Daya Fisik Arus-Manajemen Rantai Pasokan:
·         Rantai  suplai adalah jalur yang memfasilitasi aliran sumber daya fisik dari pemasok kepada perusahaan dan kemudian ke pelanggan.
·         Manajemen rantai suplai mengelola sumber daya melalui rantai suplai untuk menjamin kelancaran dan efisien.
Manajemen Aktivitas Rantai Pasokan :
v  permintaan pelanggan Peramalan
v  Penjadwalan Produksi
v  Membangun jaringan transportasi
v  Pemesanan pengisian stok dari pemasok
v   Menerima saham dari pemasok
v  Mengelola persediaan bahan baku-, barang dalam proses, dan barang jadi
v   Pelaksana Produksi
v  Mengangkut sumber daya untuk pelanggan
v  Pelacakan aliran sumber daya dari pemasok, melalui perusahaan, dan pelanggan

Supply Chain Management:
·         Sistem informasi Firm dapat digunakan untuk melakukan kegiatan rantai pasokan.
·         sistem elektronik memberikan kemampuan untuk melacak aliran sumber daya seperti itu terjadi.
·          Apakah aspek penting dari perusahaan sistem ERP
Keunggulan Kompetitif:
   Keunggulan kompetitif mengacu pada penggunaan informasi untuk mendapatkan leverage di pasar.
·         Menggunakan sumber daya virtual maupun fisik.
·         Apakah digunakan untuk memenuhi tujuan strategis perusahaan.
Porter Rantai Nilai:
   Rantai  Nilai diciptakan untuk mencapai keunggulan kompetitif.
   Terdiri dari kegiatan utama dan dukungan yang berkontribusi terhadap marjin.
   Margin adalah nilai produk perusahaan dan jasa dikurangi biaya mereka, seperti yang dirasakan oleh pelanggan perusahaan.
   Peningkatan margin tujuan dari rantai nilai.

Gambar 2.3 Sebuah Rantai Nilai
  

Porter Nilai Aktivitas:
   aktivitas bernilai Primer mengelola aliran sumber daya fisik melalui perusahaan.
   Kegiatan nilai Dukungan  termasuk infrastruktur perusahaan.
·         Setiap kegiatan nilai meliputi input yang dibeli, sumber daya manusia, dan teknologi.
Memperluas Cakupan Rantai Nilai:
   sistem Interorganizational (IOS) adalah menghubungkan rantai nilai perusahaan untuk orang-orang dari organisasi lain.
   Mitra  Bisnis adalah perusahaan yang berpartisipasi dalam IOS.
   Sistem  Nilai adalah menghubungkan rantai nilai perusahaan dengan orang-orang dari anggota saluran distribusinya.
Dimensi Keunggulan Kompetitif:
   Keuntungan Strategis  memiliki efek fundamental dalam membentuk operasi perusahaan.
   Keuntungan Taktis  adalah ketika perusahaan menerapkan strategi yang lebih baik dibandingkan pesaingnya.
    penawaran keunggulan operasional dengan transaksi dan proses sehari-hari.

Tantangan dari Pesaing global:
   korporasi multinasional (MNC) adalah perusahaan yang beroperasi di seluruh produk, pasar, bangsa, dan budaya.
·         Terdiri dari perusahaan induk dan anak perusahaan.
·         Pengolahan informasi sangat penting untuk mengurangi ketidakpastian.
Kebutuhan Khusus untuk Koordinasi di MNC:
Koordinasi adalah kunci untuk mencapai keunggulan kompetitif secara global.
Keuntungan koordinasi meliputi:
·         Fleksibilitas dalam merespon.
·         Kemampuan untuk merespon pasar dengan pasar.
·          Kemampuan untuk mengikuti perkembangan kebutuhan pasar global.
·         Mengurangi biaya keseluruhan operasi


Tantangan dalam Mengembangkan Sistem Informasi Global
   sistem informasi global (GIS) menjelaskan sistem informasi yang terdiri dari jaringan yang melintasi batas-batas nasional.
·         Tantangan
o   politik dikenakan kendala.
o   hambatan budaya dan komunikasi.
o    Pembatasan
o   Pembelian  hardware dan impor
o   Pengolahan data
o   Komunikasi  data
   Aliran data lintas batas  (TDF) adalah pergerakan data terbaca oleh mesin melintasi batas-batas nasional.
Tantangan sub GIS :
masalah teknologi karena tingkat teknologi di negara-negara anak
·         kecepatan Telekomunikasi dan kualitas
·         hak cipta perangkat lunak dan lisensi
Kurangnya dukungan dari manajer anak perusahaan
Knowledge Management:
   Sumber daya Informasi terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak, spesialis informasi, pengguna, fasilitas, database, dan informasi.
   Manajemen  Pengetahuan (KM) adalah memperoleh data, pengolahan data menjadi informasi, menggunakan dan mengkomunikasikan informasi dengan cara yang paling efektif, dan membuang informasi pada waktu yang tepat.
Dimensi Informasi:
Relevansi-berkaitan dengan masalah yang dihadapi.
Akurasi-berusaha untuk 100%.
Ketepatan waktu-harus tersedia untuk pengambilan keputusan sebelum situasi krisis mengembangkan atau peluang yang hilang.
Kelengkapan-jumlah yang benar agregasi dan mendukung semua bidang keputusan yang dibuat.
·         Informasi yang berlebihan adalah memiliki terlalu banyak informasi.


Mengubah Sifat Manajemen Pengetahuan:
   Sistem informasi Legacy  adalah sistem sebelumnya perangkat lunak dan perangkat keras yang tidak kompatibel atau sebagian tidak sesuai dengan teknologi informasi saat ini.
·         Menghasilkan informasi terutama sejarah.
·         data mungkin tidak tersedia dalam format digital.
   manajemen Gambar

Perencanaan Strategis untuk Sumber Daya Informasi (SPIR):
Chief Information Officer (CIO)
Chief Technology Officer (CTO)
Perencanaan Strategis
·         Komite Perusahaan-eksekutif
·         Bisnis daerah-sumber daya untuk manusia, informasi, keuangan, pemasaran, manufaktur

The SPIR Pendekatan:
   pengembangan serentak rencana strategis untuk jasa informasi dan perusahaan sehingga rencana perusahaan mencerminkan dukungan yang akan diberikan oleh layanan informasi.
   IS Plan mencerminkan tuntutan masa depan untuk mendukung sistem.

Gambar 2.7 Perencanaan Strategis untuk Sumber Daya Informasi
Isi inti dari Perencanaan Strategis untuk Sumber Daya Informasi:
Adapun tujuan yang akan dicapai oleh masing-masing kategori sistem selama periode waktu.
Sumber daya informasi yang diperlukan untuk memenuhi tujuan.
laporan mandiri (Lihat contoh
Gambar 2.8 di buku).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar